Kamis, 22 April 2010

Jeruk Nipis

Assalamualaikum WW, 

Hai kawan, selamat berjumpa kembali. Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang Jeruk Nipis atau kalau di Jawa biasa disebut dengan Jeruk Pecel.

Jeruk Nipis ini biasa dipakai untuk untuk bumbu dapur seperti untuk menghilangkan bau amis pada ikan atau untuk penambah rasa pada sambal dan masakan lainnya. Selain itu kita juga mengenal jeruk nipis sebagai minuman segar baik yang dingin maupun yang panas. Secara Tradisional jeruk juga dipakai sebagai obat batuk maupun obat pelangsing.

Waduh banyak banget ya kegunaan dan khasiat jeruk nipis. Menurut beberapa buku kesehatan yang saya baca, selain hal-hal tersebut diatas ternyata jeruk nipis juga mempunyai khasiat-khasiat yang lain lho. Ingin tahu apa saja khasiat jeruk nipis, yuuk kita mulai membahasnya, setuju khan???

Mengenal Jeruk Nipis
------------------------ 
Selain di Indonesia jeruk nipis juga dikenal di Negara belahan dunia lain seperti Amerika maupun di Eropa. Asal usul dan penyebaran jeruk nipis katanya sih berasal dari India Utara yang berbatasan dengan  Myanmar atau di Malaysia bagian utara. Tapi ada juga yang bilang bahwa jeruk nipis itu asalnya dari kepulauan di Asia Tenggara.

Jeruk nipis kalau di Madura di sebut dengan jeruk durga, di Sumatera Barat disebut dengan Limau Kapeh, di Malaysia disebut Limau Asam, sedangkan di Eropa dan Amerika biasa disebut dengan lime, sour lime, ataupun common lime

Jeruk nipis di Indonesia memiliki ciri-ciri pohonnya tumbuh sebagai pohon kecil bercabang lebat, tetapi tak beraturan. tajuknya selalu hijau dan tinggi pohonnya berkisar antara 1,5 sampai dengan 5 meter. Rantingnya berduri pendek, kaku dan tajam. Daunnya selang-seling, berbentuk jorong sampai bundar dan berukuran (4-8) cm x (2-5) cmm. Pinggiran daunnya bergerigi kecil dan tangkai daunnya bersayap sempit. Buah jeruk nipis bentuknya bulat sampai bulat telur dengan diameter sekitar 3-6 cm dan buah jeruk nipis kalau masak berwarna kuning, jika masih hijau pertanda belum masak. Permukaan buah jeruk nipis memiliki kelenjar yang banyak sekali.

Daging buah jeruk nipis bersegmen. Segmen buahnya berdaging hijau kekuning-kuningan dan mengandung banyak sari buah yang beraroma harum. Sari buahnya asam sekali dan  sari buahnya yang sangat asam berisi asam sitrat berkadar 7-8 % dari berat daging buah. Ekstrak sari buahnya sekitar 41 % dari bobot buah yang sudah masak.


Sifat dan kandungan Kimia jeruk Nipis
----------------------------------------------- 
Menurut Prof. H.M. Hembing Wijayakusuma dalam bukunya yang berjudul " Penyembuhan dengan Jeruk", sifat kimiawi dari jeruk nipis adalah rasa asam, dingin, dan kelat yang berkhasiat untuk menurunkan panas/demam (antipiretik), antibatuk (antitussive), menghilangkan rasa sakit (analgetic) dan pecahar (laxant). Adapun kandungan kimia yang terdapat pada jeruk nipis antara lain adalah : asam sitrat, minyak atsiri citral, limonen, linalin asetat, geranil asetat, vitamin B1, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi  dan lainnya.

Berdasarkan Daftar Komposisi Bahan Makanan yang dikeluarkan oleh Lembaga Makanan  Rakyat Departemen Kesehatan seperti dikutip oleh B. Sarwono dalam bukunya "Khasiat & Manfaat Jeruk Nipis", dalam setiap 100 gram jeruk nipis mengandung 86,0 gr air, 0,8 gr protein, 0,3 gr lemak, 12,3 gr karbohidrat , 40 mgr kalsium, 22 gr fosfor, 0,6 mg zat besi, 0,04 mg vitamin B1, 27 mg vitamin C dan 37 kalori energi. bagian yang dapat dimakan sekitar 76 % dari bobot keseluruhan.
Selain itu menurut hasil analisis di Thailand, per 100 gr bagian buah yang dapat dimakan, komposisinya terdiri atas : 91 gr kandungan air, 0,5 gr protein, 2,4 gr lemak, 5,9 gr karbohidrat, 0,3 gr serat, 17Si vitamin A, 46 mg vitamin C, dan sekitar 150 kj nilai energi.

Manfaat Jeruk Nipis
------------------------ 
Jeruk nipis menurut buku-buku kesehatan yang saya baca bermanfaat untuk obat, menjaga kesehatan dan juga untuk perawatan kesehatan.  Mulai dari influenza, demam, pusing, mual, batuk, radang saluran nafas, asma, radang amandel, pegel linu, tekanan darah tinggi, batu empedu, radang usus buntu, keputihan, haid tidak teratur, menurunkan berat badan, jerawat, menghilangkan bau badan dan lain-lain. Pokoknya banyak deh kawan.

Kawan ini saya berikan beberapa resep obat dengan bahan dasar jeruk nipis berdasarkan buku-buku kesehatan yang saya baca dan saya punya antara lain :

Tekanan darah tinggi
------------------------ 
 1 buah labu siam diblender. Tambahkan dengan perasan 2 buah jeruk nipis lalu diminum, lakukan secara teratur

Pegal linu
-----------  
10 gr jahe. 10 gr temulawak, gula merah secukupnya,  direbus dengan air 600 cc hingga tersisa 300 cc, disaring dan tambahkan air perasan 2 jeruk nipis  dan diminum

Keputihan
------------ 
60 gr daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya, 30 gr kunyit, direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc, saring dan tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis dan diminum

Perut tidak kendor
--------------------- 
Agar perut tidak kendor sehabis melahirkan, buat ramuan sebagai berikut : Kapur sirih dicampur dengan jeruk nipis, minyak kayu putih kemudian oleskan ke perut setiap pagi dan sore

 Untuk melangsingkan
-------------------------- 
Sebutir jeruk nipis yang telah masak, kuning dan agak besar ukurannya, dibelah lalu diperas air buahnya. seduh dengan air apanas sampai menjadi satu gelas. Setelah dingin air jeruk diminum. Lakukan dua kali sehari minumnya,  badan yang agak gemuk, dapat dibuat lebih langsing karena keasaman jeruk nipis bersifat melarutkan lemak dan membuangnya keluar tubuh.
Namun, penderita penyakit lambung dilarang meminumnya.

Bagaimana kawan, banyak banget ya manfaatnya, nah bisa dicoba tuh resepnya.
Sudah dulu ya, lain kali kita berjumpa lagi, ddaaagggg

Wassalamualaikum WW, 




Ny.Hj.Alicce Hanafi

4 komentar:

  1. saya mau nyoba ah utk melangsingkan.. :-D, thx yaa

    BalasHapus
  2. trims atas komentarnya, silahkan dicoba insyaallah berhasil, salam...

    BalasHapus
  3. Artikel yang bermanfaat, nice info ....

    BalasHapus
  4. beberapa tanaman herbal memang berkhasiat untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit

    BalasHapus