Jumat, 23 April 2010

Belimbing Wuluh

Assalamualaikum WW,


Hai kawan, kali ini saya ingin berbagi ilmu tentang Belimbing Wuluh, itu lho buah yang bentuknya lonjong berwarna hijau dengan rasa yang minta ampun asamnya. tetapi jangan salah kawan, walaupun rasa aslinya asam bukan main, kalau sudah diolah menjadi manisan atau sirup, wuuiih rasanya nikmat dan segar sekali. Yang sudah pernah mencoba pasti deh ketagihan dan selalu ingin menikmatinya lagi.. Selain itu belimbing wuluh  dalam masyarakat kita biasa digunakan untuk tambahan bumbu dalam masakan agar tercipta rasa asam segar yang alami serta agar bau amis ikan hilang atau berkurang.

Kawan, selain digunakan sebagai tambahan bumbu masakan, belimbing wuluh yang rasanya asam ini ternyata menurut buku-buku kesehatan banyak sekali manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan kita yaitu antara lain dapat menurunkan kadar kolestrol, mencegah kanker dan memperlancar pencernaan serta masih banyak lainnya.

Nah kawan-kawan pasti penasaran khan ingin tahu lebih lanjut tentang manfaat belimbing wuluh? ayolah kita kenalan sama belimbing yang multi guna ini, setuju khan?  Ayoo lanjutttt....


Mengenal Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L.)
------------------------------------------------------------  
Belimbing Wuluh  termasuk famili Oxalidaceae. Belimbing wuluh adalah salah satu jenis tanaman tahunan dan berkayu keras. Tinggi pohonnya bisa mencapai 10-12 meter. Tanaman belimbing wuluh cocok ditanam di tempat yang cukup terkena sinar matahari dan dapat tumbuh hingga ketinggian 500 meter diatas permukaan laut. 
Tanaman belimbing wuluh mempunyai daun yang kecil berhadap-hadapan, bentuknya bulat telur dengan bagian bawahnya berbulu halus, tersusun dalam tangkai daun, bersirip genap dan tumbuh di ujung cabang atau ranting. 
Bunga belimbing wuluh bentuknya seperti bintang dengan warna merah muda keunguan. Sedangkan buahnya berbentuk bulat lonjong sebesar ibu jari, dan bergelantungan di rangkaian buah yang tumbuh di batang atau dahan. Buah yang masih muda berwarna hijau dan yang telah matang tampak kekuning-kuningan dengan rasa asam.

Belimbing wuluh di masyarakat Aceh dikenal sebagai Limeng atau selemeng untuk masyarakat Gayo. Adapun masyarakat batak menyebut dengan asom belimbing atau balimbingan, di Madura disebut bhalimbing bulu, orang Halmahera menyebut malibi sedangkan orang Bugis menyebut dengan calene.
Dalam bahasa Philipina belimbing wuluh disebut dengan kamias, sedangkan dalam bahasa Inggris ditulis dengan bilimbi atau cucumber tree.

Kandungan Kimia Belimbing Wuluh dan Manfaatnya
----------------------------------------------------------------  
Kandungan kimia buah belimbing wuluh  antara lain saponin, tanin, glukosid, kalsium oksalat, sulfur, asam format, peroksida dan kalium sitrat. Adpaun batangnya mengandung saponin, tanin, glukocide, kalsium oksalat, sulfur, dan asam format. Sedangkan daunnya mengandung tanin, sulfur, asam format dan perokside.

Ir.W.p. Winarto & Tim Lentera, dalam bukunya " Memanfaatkan Tanaman Sayur untuk Mengatasi Aneka Penyakit" menyatakan bahwa , dalam 100 gram buah belimbing wuluh terkandung 36 kalori. Buah ini juga kaya akan protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi dan air. Disamping itu, terkandung juga beberapa vitamin,  seperti vitain A,B dan C. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mengobati diabetes mellitus, rematik, hipertensi, gondongan (beguk), cacar air, wasir, demam, menurunkan kadar kolestrol, mencegah kanker dan memperlancar pencernaan.

Adapun menurut Dr. Setiawan Dalimartha dalam bukunya "36 Resep Tumbuhan Obat untuk Menurunkan Kolestrol " , berdasarkan sifatnya belimbing wuluh rasanya asam dan bersifat sejuk. Khasiatnya untuk melancarkan pengeluaran empedu, anti radang, pereda nyeri (analgesik) dan astrigen. Belimbing wuluh mengandung saponin, flavonoida dan banyak mengandung kalsium oksalat. Menurut beliau salah satu manfaat dari belimbing wuluh untuk kesehatan adalah dapat menurunkan kolestrol.  Tetapi untuk penderita saki maag dan kencing batu jangan menggunakan resep ini karena asam dan banyak mengandung kalsium oksalat. 

Sedangkan dalam farmakologi Cina, belimbing wuluh dikenal mempunyai banyak khasiat, diantaranya dapat menghilangkan rasa sakit, memperbanyak pengeluaran empedu, antiradang, dan peluruh kencing.

Waduh banyak sekali manfaat dari belimbing wuluh yang kecil mungil ini ya kawan, ..

Kawan agar tidak lupa, catat ya beberapa resep belimbing wuluh untuk kesehatan kita, untuk resep yang lainnya , di lain waktu saja ya saya beritahu.


Resep Untuk Kolestrol : 
-------------------------------  
Buah belimbing wuluh dicuci sampai bersih, lalu diiris tipis-tipis atau diparut dan diperas. Tambahkan air matang sampai 50 ml, lalu minum sekaligus. Lakukan hal ini 3 kali sehari, masing-masing 50 ml.

Resep Untuk Peluruh Dahak
----------------------------------   
Ambil segenggam daun, segenggam bunga dan 2 buah belimbing wuluh. Cuci bersih kesemuanya lalu direbus dengan 2 gelas air bersama gula batu secukupnya hingga tersisa 1 gelas. setelah dingin disaring lalu diminum sehari 2 kali 

Sekian dulu ya kawan, sampai jumpa di entri saya berikutnya, daaggg....

Wassalamualaikum WW, 

Ny.Hj.Alicce Hanafi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar